Minggu, 19 Mei 2013

Pabrik Kuda Mas Terbakar, Kerugian Rp 1 Milyar

Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian yang diderita H Bambang (47), pemilik pabrik makanan kecil mencapai satu milyar rupiah. “Kalau kerugian saya tafsir sekitar Rp 1 Miliar. Karena selain bangunan yang ludes, ada beberapa bahan produksi yang juga ikut terbakar. Dua alat mesin robot penggorengan juga ikut terbakar. Satu alat mesin robot senilai sekitar Rp 450 juta,” ungkap H Bambang, Jumat (3/5/2013) malam.

 


Menurut dia, api mulai muncul dari sisi timur sebelah selatan gudang penggorengan. Sumber api sendiri, dari percikan api yang kemudian membakar kayu atap bangunan yang selanjutnya merambat bangunan lain.

Api berkobar makin besar, karena selain kondisi ruangan penggorengan yang panas, juga angin berkobar cukup kencang. Sekitar 20 karyawan yang berada di dalam ruang penggorengan, berusaha memadamkan api dengan air seadanya. Tetapi api sangat sulit untuk dipadamkan.

“Awal mula api kelihatan kecil dari atas yang kemudian merambat ke bangunan lainnya. Kami sudah berusaha memadamkan, tetapi tidak bisa karena api justru membesar," tutur salah seorang karyawan pabrik bernama Andi.

Tiga mobil PMK terpaksa didatangkan ke lokasi kebakaran yang menggemparkan warga sekitar itu. Satu jam berselang, api baru bisa dipadamkan.

Terpisah, Kapolsek Turen, Kompol Agus Suryoso masih melakukan penyidikan sebab-sebab terjadinya kebakaran. "Tim Identifikasi sudah turun ke lokasi. Sejauh ini, kami masih mengumpulkan bukti-bukti penyebab kebakaran," pungkasnya.
Api yang membakar bangunan seluas 40 x 10 meter tersebut, diduga dari percikan api mesin penggorengan yang kemudian membakar atap kayu bangunan.

Pabrik makanan ringan Kuda Mas, di Dusun Bokor Baran, Desa Pagedangan, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, terbakar Jumat (3/5/2013) petang ini.



Reporter : Brama Yoga Kiswara, Berita Jatim

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More