Sabtu, 25 Mei 2013

Kapal Terbakar di Gresik, Tiga PMK Dikerahkan

Sebanyak tiga unit mobil pemadam kebakaran (PMK) Kabupaten Gresik, Jawa Timur, dikerahkan untuk memadamkan Kapal Layar Motor (KLM) "Suasana Setia" yang terbakar di pelabuhan setempat, Selasa (21/5/2013) petang.

Shofwan petugas PMK mengatakan, dikerahkannya tiga unit mobil PMK itu setelah adanya pemberitahuan kapal terbakar di dermaga pelabuhan dari sejumlah warga.

"Setelah ada kabar kapal terbakar, kami langsung kerahkan tiga unit, namun kapal yang terbakar itu sudah diseret ke tengah laut oleh masyarakat, sehingga tidak membahayakan kapal lainnya," katanya, seperti dilansir Antara.

Meski demikian, pihaknya tetap menyiagakan tiga unit mobil PMK itu di pinggir dermaga untuk melakukan pembasahan bila kapal sudah kembali ke tepi pelabuhan.

"Nanti kami tunggu kapalnya menepi dulu kemudian dilakukan pembasahan, sebab saat diseret ke tengah laut, beberapa petugas KP3 Pelabuhan Gresik juga membantu memadamkan api," katanya.

AKP Zunaedi Kapolsek KP3 Pelabuhan Gresik mengatakan, kebakaran terjadi sekitar pukul 19.00 WIB dan pihaknya langsung mengerahkan petugasnya untuk mengamankan lokasi kapal terbakar.

"Untuk keterangan penyebab kebakaran kita belum tahu, sebab posisi kapal masih di tengah laut dan sedang dilakukan pemadaman," katanya.

Salah seorang saksi yang melihat kejadian awal, Setiawan mengaku munculnya api berasal dari bagian belakang kapal.

"Waktu saya lihat api, awal munculnya itu di bagian dapur kapal, kemudian beberapa awak kapal berteriak minta tolong," katanya.

Sementara itu, Nanang Afandi Kepala Seksi Kepelabuhanan Adpel Gresik, belum bisa memastikan penyebab kebakaran yang terjadi pada KLM Suasana Setia, namun pihaknya memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran itu, sebab kapal dalam keadaan kosong

"Nanti akan kita selidiki dan bekerja sama dengan KP3 untuk mengetahui penyebab kebakaran," katanya.
Laporan Iping Supingah, Suara Surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More