Kamis, 23 Mei 2013

Gudang Carrefour MTC Makassar Terbakar

Si jago merah mengamuk di pusat perbelanjaan Makassar Trade Center (MTC) di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Pattunuang, kecamatan Wajo, kota Makasar terbakar, Senin (21/5). Asap diperkirakan berasal dari dalam gudang Carrefour yang terletak di lantai basement paling bawah.

Api membakar habis seluruh isi gudang tersebut. Tak hanya itu, kebakaran juga menyebabkan seluruh pedagang di MTC panik dan berteriak.

Tak cukup waktu lama, api langsung membesar dan melahap habis isi gudang yang berisi barang campuran. "Yang terbakar barang campuran seperti makanan ringan dan obat anti nyamuk," jelas Burhanuddin, koordinator Carefour saat memberi keterangan di Polsek Wajo, Makassar, Selasa (21/5).

Sementara itu, Supratman, salah seorang pemilik counter Handphone di lantai satu mengatakan, sebelum berasap dia mendengar suara ledakan. "Suara ledakan itu kemungkinan dari kabel listrik yang korslet, setelah itu kami semua panik dan segera mengevakuasi barang jualan," paparnya.

Sementara itu, titik asal api terus merembes ke bagian bawah gudang Carefour. Pedagang pakai yang berada di lantai satu juga tak luput dilalap api.

Proses evakuasi pedagang lebih diutamakan, sebab pemadam kebakaran tak bisa berbuat banyak. Mereka tak bisa masuk ke dalam basement karena asap semakin tebal.

Armada Damkar hanya bertahan di sudut MTC. Kunci pintu darurat dan air otomatis yang ditempatkan di setiap lantai bangunan ini semuanya tidak berfungsi.

Area basement selain ditempati Carrefour juga merupakan tempat parkir kendaraan roda dua dan roda tiga. Setelah petugas berjibaku, akhirnya api bisa dipadamkan empat jam kemudian.

Kasus kebakaran ini tidak menyebabkan korban jiwa dan ditangani oleh Polsek Wajo. Namun kerugian ditaksir puluhan juta rupiah.



Reporter : Andi Angelina, Merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More