Senin, 10 Juni 2013

Kompor Meleduk Picu Kebakaran Dapur di Jalan Darmo Permai

Sebuah dapur di lantai 2 rumah jalan Darmo Permai III No.36 Surabaya yang berukuran 4x12 meter terbakar akibat kompor minyak meleduk, Senin (10/6/2013).

Arie Bekti Kasie Pencegahan dan Pengendalian Kebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya saat dihubungi suarasurabaya.net mengatakan, yang terbakar jenis kompor minyak dan dalam posisi setelah dinyalakan oleh penghuni rumah yang diketahui milik dua bersaudara Andre dan Hartono.

"Saat dinyalakan posisi sumbunya terlalu masuk sehingga kena ke minyak dan terjadi ledakan ringan atau ngebros," kata dia.

Saat muncul api, lanjut dia, langsung disemprot manual dengan air tapi api masih belum bisa padam sehingga langsung disemprot dengan empat tabung alat pemadam api ringan (APAR).

"Semprotan pertama malah membuat kompor terguling dan minyak tanah berhamburan di lantai yang ada kaleng minyak dan beberapa botol plastik yang justru memperparah semburan api," ujar dia.

Kemudian api bergerak menuju plafon dan membakar reng atap yang terbuat dari kayu. Namun karena konstruksi bangunan yang terbuat dari besi menyebabkan api tidak makin merembet tapi api menyerap panas cukup tinggi.

"Kesulitan yang kami hadapi saat itu api juga menyambar plafon jadi kita harus melakukan pembongkaran atap dan plafon untuk melakukan pembasahan dan mengantisipasi masih munculnya titik api," ungkap dia.

Meskipun saat kebakaran terjadi seluruh penghuni rumah berada di dalam, tambah Arie, dalam kasus kebakaran ini tidak menelan korban jiwa dan saat ini pembasahan sudah selesai dilakukan.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More