Minggu, 09 Juni 2013

Jika Anak Playgroup Belajar Padamkan Api

Bagaimana jika anak-anak playgroup jadi petugas pemadam kebakaran ?. Kelucuan dan kepolosan khas anak-anak tampak di Pos PMK Wiyung dimana mereka belajar bagaimana pekerjaan seorang petugas PMK memadamkan kebakaran.
 
Tri Endah, Pemilik Yayasan Insan Mulya Surabaya saat berbincang dengan suarasurabaya.net mengatakan, sebanyak 150 anak ini diajarkan bagaimana cara petugas PMK memadamkan api saat terjadi kebakaran.

"Kita lihat selama ini berita di media kalau sering terjadi kebakaran di Surabaya dan bagaimana cara petugas memadamkan api. Jadi kita kenalkan ini lebih dini," kata dia.

Tak hanya di Pos PMK, siswa juga pernah mengunjungi tempat lain seperti Tugu Pahlawan, pabrik onde-onde Mojokerto dan Kenjeran.

"Setelah mereka tahu nanti di sekolah akan diaplikasikan lagi dengan materi dalam kelas seperti tanya jawab dan mewarnai gambar-gambar sesuai yang mereka lihat di pos PMK ini," ungkap dia.

Sementara itu, Bambang Vistudi Kepala UPTD Surabaya IV Wiyung mengatakan, kegiatan ini bukan pertama kalinya karena sebelumnya juga banyak siswa yang juga melakukan pembelajaran ke posko.

"Ini merupakan edukasi yang akan memberikan pembelajaran yang sifatnya untuk anak-anak. Bagaimana tugas dan peralatannya apa saja yang kita gunakan untuk memadamkan api saat kebakaran," kata dia.

Tegar, satu diantara siswa playgroup Insan Mulya mengatakan, senang bisa mencoba alat-alat yang digunakan PMK untuk memadamkan api.

"Tadi belajar madamkan api dan nanti pengen coba lagi," jawab Tegar dengan malu-malu.

Tri Endah menjelaskan, kegiatan ini diadakan secara rutin untuk menunjang materi yang diperoleh siswa di sekolah serta mengenalkan aktivitas di luar lingkungan sekolah.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More