Jumat, 24 Januari 2014

Tanker Providence Pertamina Terbakar

Tanker Providence milik Pertamina terbakar di SPM (Single Point Mooring) Tuban. Kebakaran terjadi disaat Tanker hendak melakukan backloading bahan bakar minyak (BBM) dari pipa ke tanker, Jumat (24/1/2014) sekitar pukul 12.00 WIB.

Heppy Wulansari Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region V menjelaskan, tanker tersebut sedang bersandar untuk melakukan pengisian atau backloading BBM ke tanker melalui pipa dari Terminal BBM Tuban. Namun sebelum pengisian sempat dilakukan, tiba-tiba muncul percikan api yang langsung membesar.

“Kapal dalam keadaan kosong dan masih melakukan persiapan-persiapan untuk bakcloading saat kebakaran terjadi. Rencana Tanker tersebut akan mengirimkan BBM ke Terminal BBM Kupang untuk memenuhi BBM di wilayah Nusa Tenggara Timur sebesar 5.500 KL Premium dan 9.500 KL Solar,” jelas Heppy dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Jumat.

Begitu terjadi kebakaran, Pertamina segera mengirimkan tug boat ke lokasi tanker untuk evakuasi kru tanker dan pemadaman. Kebakaran dapat dipadamkan pukul 14.30 WIB oleh Tim Pertamina.

Dengan kejadian ini, maka BBM untuk wilayah NTT dialihkan ke Tanker Bangunrejo untuk Solar sebesar 1.300 KL dari Maumere dan MT Patriot dari Kotabaru Solar 7.500 KL. Adapun untuk Premium di TBBM Kupang masih terpantau aman sebesar 4.734 KL dengan ketahanan stock 13 hari dan pengiriman akan menunggu perbaikan fasilitas backloading di TBBM Tuban.

Kebakaran ini tidak mempengaruhi penyaluran BBM dari TBBM Tuban ke wilayah Jatim dan sekitarnya.



0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More